Rabu, 26 Oktober 2011

Usaha Rumah Makan


A.    Kelebihan Usaha Rumah Makan
Ada banyak kelebihan yang dimiliki dari usaha yang satu ini. Salah satu kelebihan dari usaha rumah makan adalah kebutuhan modal yang tidak terlalu besar. Hanya perlu menyiapkan peralatan masak, meja dan kursi tmpat pengunjung makan.
Bahan baku yang diperlukan tidak terlalu mahal. Semua dapat diperoleh dengan murah di pasar tradisional.
Selain modal yang kecil, usaha rumah makan memiliki waktu yang fleksibel yang tergantung pada menu yang disediakan.
Membuka usaha rumah makan dapat fokus kepada pengunjung untuk makan pagi, makan siang atau makan malam saja. Tapi jika ingin meraup penghasilan lebih, maka dapat membuka usaha ini dari pagi sampai malam.
Margin keuntungan yang dapat diraih dari usaha rumah makan juga sangat besar. Rata-rata keuntungan yang dapat diraih berkisar antara 30-50% dari omset penjualan. Hal ini dapat terwujud karena uasah ini merupakan usaha jasa pengolahan makanan dan penyajiannya.

B.     Tips Memulai Usaha Rumah Makan
·         Lokasi menentukan prestasi
Bisa berkembang atau tidaknya rumah makan sangat tergantung dari letak rumah makan tersebut. Usahakan mencari tempat yang ramai untuk memulai usaha ini.
Dapat mencoba usaha ini di daerah pertokoan, perkantoran, kampus atau pusat perbelanjaan. Semakin ramai daerah di sekitar rumah makan, semakin besar peluang orang untuk berkunjung.
·         Harga seimbang dengan rasa
Dua kunci sukses dari usaha rumah makan adalah harga dan rasa. Jika makanan yang dijual memiliki rasa yang khas dengan harga yang sesuai, maka rumah makan akan ramai dikunjungi.
Untuk harga harus menyesuaikan dengan lokasi dan jenis makanan yang dijual. Pada dasarnya dapat menerapkan harga jual setinggi 30-50% dari modal yang dikeluarkan.
·         Pelayanan
Selain harga dan rasa, hal lain yang cukup penting dalam usaha rumah makan adalah pelayanan. Pelayanan yang ramah dengan senyuman di bibir akan menarik banyak pelanggan untuk kembali ke rumah makan anda. Usahakan pengunjung merasa nyaman dan jangan biarkan mereka menunggu sangat lama untuk menikmati hidangan yang dipesan.
·         Penyajian yang menarik
Tampilan merupakan modal awal untuk menciptakan selera makan. Dengan tampilan yang menarik dari makanan yang dibuat, pengunjung akan terpacu selera makannya. Setelah selera makan bangkit, ditambah dengan rasa yang enak, rumah makan akan cepat terkenal. Akhirnya pelanggan akan semakin banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar