Sabtu, 08 Oktober 2011

PSD


Bedanya Tranducer, Sensor dan Detecor???
Apa yachh.......????????
A.    Devinisi:
1.      Tranducer
Tranducer yaitu sebuah alat yang mengubah satu bentuk daya / energi menjadi bentuk daya / energi lainnya untuk berbagai tujuan termasuk pengubahan ukuran atau informasi  pada elektonika, kelistrikan, mekanik elektronik, elektromagnetik,  atau suatu peralatan yang mengubah suatu bentuk sinyal menjadi bentuk sinyal lainnya.
Contoh:
·         pengeras suara (audio speaker), yang mengubah beragam voltase listrik yang berupa musik atau pidato menjadi vibrasi mekanis.
·         mikrofon, yang mengubah suara, bunyi, atau energi akustik menjadi sinyal atau energi listrik.


2.      Sensor
Sensor yaitu peralatan yang digunakan untuk merubah suatu besaran fisik menjadi besaran listrik sehingga dapat dianalisa dengan rangkaian listrik tertentu. Sensor merupakan jenis transducer yang digunakan untuk mengubah variasi mekanis, magnetis, panas, sinar dan kimia menjadi tegangan/arus listrik. Jadi, keluaran (output) dari sensor pasti sinyal listrik, dapat berupa arus atau beda potensial.
Sensor dapat dibagi atas dua jenis yaitu :
·           Sensor langsung (direct sensor) yaitu sensor yang mengubah langsung stimulus menjadi sinyal listrik. Contohnya Thermopile yang mengubah energi panas menjadi sinyal listrik.
·           Sensor kompleks (complex sensor) yaitu sensor yang membutuhkan satu atau lebih transduser sebelum akhirnya sinyal masuk pada sebuah sensor langsung. Contohnya sensor kimia memiliki bagian yang mengubah energi dari reaksi kimia menjadi panas (transduser) dan bagian lain, yaitu thermopile, mengubah energi panas menjadi sinyal listrik. Kombinasi transduser dan thermopile menjadi sebuah sensor kimia.

3.      Detector
Datector yaitu sebuah alat yang  berfungsi untuk mendeteksi gejala-gejala atau sinyal-sinyal yang berasal dari perubahan suatu energi ,seperti energi listrik, energi fisika, energi kimia, energi biologi, energi mekanik dan sebagainya.


B.     Perbedaan:
1.      Tranduser
·         Konsep pengubahan energi pada transducer yaitu mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
·         Output berupa energi, dapat berupa energi listrik, manet, mekanis, dan energi lain.

2.      Sensor
·         Konsep pengubahan energi pada sensor  yaitu mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk tegangan / arus listrik.
·         Output berupa sinyal listrik, dapat berupa arus atau beda potensial.
·         Sensor bekerja pasif.

3.       Detector
·         Tidak mengubah bentuk suatu energi hanya sebagai alat pendeteksi.
·         Output berupa energi, dapat berupa energi listrik, manet, mekanis, dan energi lain.
·         Detektor bekerja aktif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar