Selasa, 04 Oktober 2011

Jaringan Komputer adalah kumpulan sejumlah peripheral yang terdiri dari beberapa komputer, printer, LAN Card, dan peralatan lain yang saling terintegrasi satu sama lain. Dengan demikian, kita dapat melakukan aktivitas seperti tukar-menukar data atau informasi dengan mudah dan dalam waktu singkat dan cepat.
 
Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh apabila computer kita terhubung dengan jaringan. Diantaranya adalah :

  1.   Tukar-menukar data dapat dilakukan secara cepat dengan adanya jaringan komputer.
  2.  Dapat saling berbagi informasi, pemakaian file data dengan komputer lain.
  3.    Memudahkan dalam menggunakan perangkat hardware secara bersama-sama, misalkan printer dapat dipakai oleh beberapa computer yang terhubung dengan jaringan.
  4. Peningkatan Produktivitas
    Dengan efisiensi waktu dan tenaga serta terjalinnya kerjasama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas akan meningkat
  5. Efisiensi biaya, waktu dan tenaga.
Dengan adanya jaringan komputer maka akan mengurangi kebutuhan hardware dan software, serta mengurangi waktu dan tenaga sia-sia dalam pertukaran data maupun informasi.
Contoh:
  •   Jual beli barang secara online
Dengan adanya jaringan komputer maka kita tidak perlu datang ke tempat penjualan langsung, cukup transaksi secara online. Sehingga kita akan menghemat biaya, waktu dan tenaga.
  • Registrasi pembayaran kuliah secara online
Sama halnya dengan jual beli secara online, registrasi pembayaran kuliah secara online juga akan menghemat biaya, waktu dan tenaga karena kita tidak perlu datang ke kampus langsung. Ataupun antri menunggu giliran untuk registrasi.
  • KRS online
Begitu juga dengan KRS online, mahasiswa tidak harus datang langsung ke kampus untuk mengisi KRS tetapi juga dapat dilakukan dimanapun mahasiswa itu berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar